Cari Blog Ini

Rabu, 13 Oktober 2010

Dusta Tersembunyi Dibalik Ritual Diet

SAN FRANSISCO (Berita SuaraMedia) - Mintalah saran diet dari 10 orang, maka Anda akan mendapatkan 10 jawaban berbeda. Nyatanya, begitu banyak salah kaprah dalam urusan mengurangi bobot tubuh ini.

"Kebanyakan kita mengikuti aturan-aturan tertentu untuk bagaimana menghilangkan beberapa pon bagi seluruh hidup kita," kata Nancy Snyderman MD, editor NBC News dan penulis buku Diet Myths That Keep Us Fat.
"Tetapi banyak dari apa yang telah diberitahu kepada kita tentang berat badan, sebenarnya palsu," tegasnya.

Berikut, Snyderman membuka kebenaran untuk menyangkal mitos-mitos yang berkembang seputar diet hingga tubuh langsing mungkin Anda dapatkan, seperti dibeberkan Redbook.

Semakin Anda olahraga, semakin baik

Anda tahu bahwa olahraga merupakan salah satu hal terbaik untuk menjaga berat badan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, tapi olahraga berlebihan sebenarnya memiliki efek berlawanan.
"Bekerja tujuh hari sepekan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, menegangkan sendi, dan melelahkan tubuh. Otot Anda perlu waktu untuk memperbaiki diri sehingga bisa lebih efisien selama menjalani sesi olahraga berikutnya," kata Snyderman.

Dan jika Anda berolahraga dengan bentuk yang tidak tepat hingga kelelahan, Anda benar-benar akan membakar kalori lebih sedikit daripada jika Anda berolahraga dengan benar.

Untuk mencegah kontraproduktif ini, jadwalkan setidaknya satu hari dalam sepekan libur olahraga dan variasikan sesi olahraga. Kemudian, pastikan punggung lurus dan tidak bersandar pada pegangan peralatan cardio untuk mencegah cedera dan memaksimalkan pembakaran kalori.

Buah-buahan dan sayuran segar lebih bergizi daripada dalam bentuk beku atau kalengan

Produk beku dan kalengan bisa sama-sama sehat dan bahkan lebih ekonomis daripada produk segar, tukas Snyderman. Kondisi beku pada buah-buahan seperti anggur membantu mempertahankan nutrisi.

Beberapa produk kalengan sebenarnya lebih bernutrisi daripada produk segar dan mentah. Sebab, antioksidan seperti lycopene yang ditemukan dalam tomat dan betakaroten dalam wortel lebih mudah diserap ketika telah diolah.

"Tidak masalah bagaimana Anda mendapatkan buah-buahan dan sayuran itu. Yang penting, Anda masih mengonsuminya," tegas Snyderman.

Tambah berat badan tidak dapat dihindari saat usia bertambah

"Mitos ini berasal dari kenyataan bahwa lemak perut mulai bertambah pada usia semakin tua, tetapi lemak membuncit dapat dihindari," kata Snyderman.

Sebagian besar lemak tersebut tidak bertambah, lebih karena akibat berat yang bergeser oleh kondisi perubahan hormon, setelah melahirkan, atau melemahnya tulang. Anda dapat memperlambat perubahannya dengan latihan kekuatan.

Menurut penelitian dari National Institute of Helth, kegemukan dan wanita gemuk yang mengangkat beban hanya dua kali sepekan, lemak perutnya bisa lebih kencang (7 persen wanita dengan latihan selama dua tahun) dibandingkan yang tidak berolahraga (lemak perutnya naik 21 persen dalam dua tahun).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar