Cari Blog Ini

Rabu, 13 Oktober 2010

Berjuta Manfaat Cairan Dalam Tubuh

Air merupakan bagian terbesar dalam tubuh manusia dan hampir semua reaksi di dalam tubuh memerlukan cairan. Bila konsumsi air sangat sedikit, maka reaksi yang terjadi di dalam tubuh akan terganggu. Oleh sebab itu, tubuh harus mendapatkan masukan cairan setiap hari untuk menggantikan cairan yang hilang agar metabolismenya dapat berlangsung dengan normal.
Umumnya kehilangan air terjadi melalui paru-paru, kulit, saluran pencernaan, dan ginjal. Kehilangan cairan yang normal berlangsung akibat pemakaian energi. Sedangkan kehilangan cairan yang abnormal terjadi akibat berbagai penyakit atau keadaan yang tak normal, seperti suhu lingkungan yang tinggi, berkeringat, atau akibat berbagai penyakit. Pengeluaran cairan yang banyak dari tubuh tanpa diimbangi dengan konsumsi cairan akan mengakibatkan dehidrasi.
Mengatur suhu tubuh
Air berfungsi untuk mengatur suhu tubuh. Bila kekurangan air, suhu tubuh akan menjadi panas dan naik. Jika berada pada daerah yang suhunya panas, tubuh kita membutuhkan air yang cukup.
Melancarkan darah
Air juga berfungsi untuk melancarkan peredaran darah. Bila tubuh kita kekurangan cairan, maka darah akan menjadi lebih mengental. Keadaan tersebut disebabkan cairan dalam darah tersedot untuk kebutuhan tubuh dan akhirnya dapat mempengaruhi kinerja otak dan jantung.
Membuang racun dan sisa makanan
Kecukupan air di dalam tubuh akan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Air akan membersihkan racun di dalam tubuh melalui keringat, air seni, dan pernapasan. Selain itu, air juga akan membersihkan sisa-sisa makanan yang tidak diperlukan oleh tubuh melalui ginjal.
Kulit
Air sangat penting untuk mengatur struktur dan fungsi kulit. Bila kekurangan air, kulit akan terlihat lebih kusam, kasar, berkerut, dan tidak segar. Kecukupan air di dalam tubuh diperlukan untuk menjaga kelembaban, kelembutan, dan elastilitas kulit akibat pengaruh udara panas dari luar tubuh.
Pencernaan
Peran air di dalam tubuh sangat vital untuk proses pencernaan yaitu sebagai pengangkut nutrisi dan oksigen melalui darah dan segera mengirimkannya ke sel-sel tubuh. Konsumsi air yang cukup akan membantu kerja sistem pencernaan dalam usus besar sehingga mencegah konstipasi.
Pernapasan
Paru-paru juga memerlukan air untuk pernapasan. Paru-paru kita harus basah dalam bekerja memasukkan oksigen ke dalam sel tubuh dan memompakan karbondioksida ke luar tubuh.
Sendi dan otot
Kecukupan air akan melindungi dan melumasi gerakan sendi dan otot. Oleh sebab itu, konsumsi air selama beraktivitas cukup penting untuk meminimalkan risiko kejang otot dan kelelahan.
Pemulihan penyakit
Air juga mendukung proses pemulihan. Asupan air yang cukup ketika kita sedang sakit berguna untuk meredakan demam dan mengganti cairan tubuh yang terbuang
Air adalah salah satu unsur dominan dalam tubuh manusia. Sekitar 60-70 persen tubuh manusia terdiri dari cairan. Maka, tubuh sangat butuh cairan. Air
putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Berikut tujuh manfaat air putih bagi tubuh.

1. Menurunkan berat badan
Air putih membantu merasa kenyang dan melancarkan metabolisme. Ganti minuman soda atau manis yang sarat kalori dengan air. Minumlah air putih sebelum makan untuk membantu merasa lebih kenyang. Terutama jika minum minuman dingin. Tubuh harus bekerja untuk menghangatkan air. Ini akan membakar kalori lebih banyak daripada air biasa.

2. Meningkatkan Energi
Jika anda merasa lelah, pulihkanlah dengan air. Dehidrasi alias kekurangan cairan membuat tubuh merasa lelah. Air membantu transportasi oksigen darah dan nutrisi penting lainnya ke sel-sel tubuh. Jika tubuh cukup air, jantung kerja lebih santai untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

3. Menurunkan stres
Sebagian besar otak adalah air. Sebanyak 85 persen dari jaringan otak terdiri dari air. Jika kekurangan air, tubuh dan pikiran akan stres. Jika anda merasa haus, artinya anda sudah sedikit dehidrasi. Siapkanlah selalui air, untuk mencegah stres.

4. Membangun Otot
Minum air membantu mencegah kram otot. Air menjadi pelumas bagi sendi dalam tubuh. Bila tubuh cukup cairan, Anda bisa berolah raga lebih lama dan lebih berat.

5. Memelihara Kulit
Garis-garis halus dan kerutan akan lebih jelas ketika tubuh kekurangan cairan.
Air adalah krim alami untuk kecantikan sendiri. Minum air akan memperbaiki sel-sel kulit dan membuat wajah tampak lebih muda. Air juga mengeluarkan kotoran dan meningkatkan sirkulasi dan aliran darah. Sehingga meninggalkan wajah bersih dan bercahaya.

6. Membantu pencernaan
Selain serat, air sangat penting untuk pencernaan yang baik.
Air membantu melarutkan partikel limbah dan memprosesnya dengan lancar melalui saluran pencernaan Anda.

Jika tubuh dehidrasi, tubuh menyerap semua air, membuat usus besar jadi kering dan membuat partikel limbah susah diproses.

7. Melarutkan Batu Ginjal
Batu ginjal akan meningkat apabila tubuh tak cukup minum cukup air. Air berguna mencairkan garam dan mineral dalam urin yang membentuk kristal padat yang dikenal sebagai batu ginjal.
Batu ginjal tidak dapat terbentuk dalam urin, jika tubuh cukup air. Dengan cukup air, resiko terkena batu ginjal akan berkurang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar